bMLX7JBx7U3xHqbAzpXkrkGFL8v952MVfhKrexc8

6 Kota Mati di Dunia Akibat Wabah Penyakit

Belakangan ini, dunia dihebohkan dengan wabah penyakit COVID-19 atau penyakit yang disebabkan oleh virus Corona. Akibat nya banyak tempat yang berhenti dari aktivitas nya, seperti Wuhan.

Inilah 6 Kota Mati di Dunia yang Disebabkan Oleh Wabah Penyakit Mematikan.


1. Wuhan, Tiongkok

Kota Mati Wuhan Asal Mula Virus Corona COVID-19
Wuhan, Tiongkok

Wuhan adalah ibukota provinso Hubei, Tiongkok. Wuhan adalah gabungan dari dua kota besar bagian utara dan selatan, yaitu wilayah Sungai Yangtze merupakan kota metropolitan yaitu Wuchang (Hanzi: 武昌) atau disebut 'Wu" dan bagian tepi selatan sungai adalah kota Hankou (Hanzi: 汉口) atau disebut 'Han'.

Awal Januari 2020, dunia digegerkan dengan sebuah wabah penyakit baru yang disebut COVID-19. Penyakit ini berasal dari virus yang disebut Virus Corona dan berasal dari hewan. Penyebaran virus corona ini terbilang sangat cepat. Hingga kini korban jiwa sudah mencapai 3.500 orang di Wuhan, dan 110.050 orang di seluruh dunia. Akibat nya, kota asal virus Corona ini yaitu Wuhan, sudah berhenti dari aktivitas nya dan ditutup sehingga kota ini mirip seperti kota mati saja.

Mudah-mudahan antibiotik untuk penyakit COVID-19 ini cepat ditemukan ya dan jagalah selalu kesehatan teman-teman.

2. Hound Tor (Hundatora), Devon, Inggirs 

Kota Mati Hound Tor (Hundatora), Devon, Inggris Akibat Black Death
Hound Tor, Devon, Inggris

Hound Tor adalah reruntuhan bangunan dari sisa-sisa peninggalan manusia lampau yang bisa ditemukan di Dartmoor, bagian selatan daerah Devon, Inggris. Sisa-sisa dari pemukiman ini disinyalir merupakan bangunan yang digunakan oleh manusia yang menetap di Hound Tor sebelum mereka meninggalkan tempat tersebut. Awalnya para peneliti menduga kalau tempat tersebut ditinggalkan karena perekonomian yang buruk. Tapi para peneliti salah, karena penyebab nya adalah wabah Black Death. Penyakit ini termasuk wabah terparah yang menjangkiti manusia dan bahkan menimbulkan korban jiwa sekitar 80-200 juta jiwa.

3. Arkwright, Inggris

Kota Mati Arkwright Inggris Akibat Gas Metana Beracun
Arkwright, Inggris

Arkwright Town atau yang biasa disebut Arkwright adalah pemukiman di North East Derbyshire, Inggris. Dan Arkwright merupakan kota tempat tinggal untuk para penambang batu bara di daerah Derbyshire. Kota ini harus dipindahkan ke lokasi baru pada tahun 1990an dikarenakan warga nya terpapar gas beracun metana. Gas ini tidak dapat ditangani lagi sehingga memaksa 52 properti di lokasi tersebut harus ditinggalkan. Kota dibawah naungan perusahhaan tambang batu bara telah menghancurkan lokasi tersebut dan memindahkannya ke lokasi baru pada November 1933.


4. Old Goa, India

Kota Mati Old Goa India Akibat Kolera dan Malaria
Old Goa, India

Old goa (Konkani: Pornnem Goem, Adlem Gõi, Goeam) atau Velha Goa (Velha berarti "TUA" dalam bahasa Portugis) adalah sebuah kota bersejarah di distrik Goa Utara, India. Old Goa adalah nama oemberian julukan yang diberikan oleh pada arkeolog yang menemukan reruntuhan kota mati tersebut. Kota ini dibangun oleh Kesultanan Bijapur pada abad ke-15 dan menjadi pusat kota dengan kekiatan religi pada masanya dan menjadi ibukota kedua dari Dinasti Adil Shahi. Kota ini harus ditinggalkan karena diserang wabah kolera dan malaria yang membuat sekitar 200 ribu orang takut tertular.

5. Poveglia, Italia

Kota Mati Poveglia Italia Akibat Wabah Penyakit
Poveglia, Italia

Poveglia (bahasa Italia nya [poˈveʎʎa] ) adalah pulau kecil yang terletak diantara Venesia dan Lido di Laguna Venesia, Italia Utara. Awalnya pulau ini tidak berpenghuni hingga akhirnya dijadikan sebagai lokasi check point untuk orang-orang yang akan memasuki Venesia melalui jalur air. Tak disengaja dua kapal yang melewati check point terdeteksi membawa sebuah wabah mematikan, sehingga daerah tersebut berubah menjadi karantina wabah lalu berganti lagi menjadi tempat penanganan orang dengan gangguan jiwa dan ditutup pada tahun 1968.

6. Wittenoom, Western Australia

Kota Mati Wittenoom, Western Autralia Akibat Kebocoran Bahan Kimia Pabrik Asbes
Wittenoom, Western Austrlia

Wittenoom dinamai oleh Lang Hancock setelah Frank Wittenoom, rekan di Stasion Mulga Downs. Sejak tahun 1970, kota bagian Barat Australia ini sudah ditinggalkan penduduknya dikarenakan kondisi lingkungan yang membahayakan masyarakat dan adanya bencana besar akibat paparan pabrik asbes yang sangat beracun. Sekitar 25% penghuni Wittenoom meninggal akibat racun tersebut. Mereka semua terkena penyakit akibat kebocoran bahan kimia seperti kanker paru-paru.
SUBSCRIBE Please Subscribe My Youtube Channel: Tonang RGG and Share This Articel With Your Friend, Thanks From TONANGRGG.ID.
Related Posts
Bang Tonang
Horas Maiplen :) Terima Kasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan saran terbaik kalian di kolom komentar ya :)

Related Posts

Post a Comment