bMLX7JBx7U3xHqbAzpXkrkGFL8v952MVfhKrexc8

Liburan Tahun Baru 2020

Capek, pegal, dan dingin itulah yang kurasa saat ini, sungguh perjalanan yang tanpa arah ini sangat melelahkan.  Bagaimana tidak? Di hari liburan gini jalanan macet parah plus hujan deras yang tak kunjung berhenti, bagaimana kisah nya? Langsung aja kecidot Maiplen hehe.
Seminggu sebelum hari liburan Tahun Baru 2020, aku sudah mikir pengen berlibur kemana aja. Untuk rencana awal di malam Tahun Baru 2020 aku mau nonton acara kembang api di Monumen Nasional (MONAS) lalu setelah itu aku pergi ke tempat teman aku di Pondok Gede Bekasi. Tapi semua berubah setelah negara angin menyerang hehe.


Setelah pulang kerja pada 31 Desember 2019 jam 15.00 (cepat pulang ), aku ke kos persiapan untuk ke Monas nanti malam. Mulai dari cas baterai kamera, baterai HP, dan baterai tubuh (tidur) hehe. Tapi sebelum tidur aku udah memsang alarm dong jam 19.00 supaya gak kelewat jam. Alarm pun berbunyi dan aku bangun langsung mandi terus ganti pakaian, tapi aku masih sempatkan untuk ngumpulin pakaian kotor untuk dibawa ke londri supaya hari kamis aku bisa pakai. Dan semua nya itu memakan waktu 1 jam, tiba-tiba hal tak di sangka mulai turun rintik-rintik hujan sehingga aku memutuskan untuk menunggu sebentar saja karena perkiraan ku 2 jam cukuplah untuk ke Monas. Tapi gerimis tak kunjung berhenti, kuputuskan untuk mulai gerak dengan mengantar pakaian ke londri lalu menunggu KOPAJA (angkutan umum) untuk ke halte Transjakarta di Terminal Kalideres. Jam sudah 21.10 masih kunjung datang kopaja nya jadi aku ambil HP lalu mesan Gojek ke Terminal Kalideres. Sesampai di Terminal Kalideres aku langsung antri dan gosok pakai kartu busway harga nya Rp.3500 untuk semua perjalanan antar halte. Berikut adalah Cara dan Rute yang Akan di Lewati Dari Kalideres menuju ke Monumen Nasional (MONAS);

  • Halte Kalideres
  • Halte Pesakih
  • Halte Sumur Bor
  • Halte Mangga Besar
  • Halte Rawa Buaya
  • Halte Jembatan Baru
  • Halte Dispenda
  • Halte Jembatan Gantung
  • Halte Taman Kota
  • Halte Indosiar
  • Halte Jelambar
  • Halte Grogol
  • Halte Harmoni
  • Halte Monumen Nasional (Halte MONAS)

Noted: Untuk Maiplen yang baru pertama kali naik busway, Jangan sampai ketiduran ya, kalian harus memperhatikan posisi kalian sudah di halte mana. Dan semua penumpang akan turun di Halte Harmoni jadi maiplen bisa milih mau jalan kaki dari Halte Harmoni ke MONAS sekitar 15-20 menit jalan kaki atau transit naik busway dari Halte Harmoni ke Halte Monumen Nasional.
Awal perjalanan sih lancar-lancar aja perjalanan nya, tapi sampai di Halte Grogol udah mulai macet waktu itu jam 22.55 WIB dan hujan mulai deras.


Tahun Baru 2020 di Monumen Nasional MONAS
Jenuh Macet :(
Tahun Baru 2020 Jakarta Dilanda Hujan Deras dan Macet
Jakarta Hujan Deras dan Macet
Yang moment gak enak nya aku berada dibelakang dan dibawah AC, beh rasa nya dingin parah (ditambah hujan) dan jenuh karena macet nya sampai 1 jam lebih.Waktu menunjukkan 23.50 WIB dan busway baru sampai di Halte Hamoni, jadi sisa 1 Halte lagi, memngingat jalanan yang macet parah, kuputuskan untuk jalan kaki karena dari jembatan halte tersebut sudah kelihat puncak MONAS nya. Masih diatas jembatan eh kembang api nya sudah mulai berbunyi tapi aku tetap semangat untuk datang ke MONAS walau hujan masih menerpa Jakarta karena selama ini sebenarnya aku seorang yang NOLEP, selalu saja di dalam kos gak pernah keluar kemana-mana.

15 menit berjalan hampir sampai di MONAS ternyata orang-orang sudah pada bubar.Aku tetap jalan untuk sampai ke MONAS. Sampailah aku di depan pintu pagar MONAS, senang rasanya bisa sampai disana sambil ngelihat MONAS (btw pintu pagar nya udah mulai ditutup yang tersisa didalam hanya tukang bersih-bersih dan satpam. Tapi didepan pagar masih banyak orang yang lalu lalang dan ada yang berteduh menunggu hujan reda. Kebetulan ada tukang es kelapa (posisi nya menghadap ke MONAS) moment yang pas untuk membayar kesabaran ku ini hehehe. Pengen nya sih aku pakai kamera untuk hunting tapi badan udah basah jadi aku urungkan saja niat itu.


Malam Tahun Baru 2020 di Monumen Nasional MONAS
Dah Pada Bubar Dong :(
Kuliner Kaki Lima di Depan Monumen Nasional MONAS
Kuliner Kaki Lima MONAS

Segan juga sama penjual tempat aku duduk-duduk kalau hanya numpang duduk doang jadi mesan soto nasi di sebelah dan air kelapa si abang jualan nya. Saking dingin nya napsu makan ku nambah, jadi aku makan 2 porsi nasi hehehe.. Sambil liat monas dan orang lewat yang diguyur hujan rasa nya mantap.

Kuliner Kaki Lima di Monumen Nasional MONAS
Lapppaarrrr....!!!!

Kebetulan ada beberapa orang yang ikutan mampir untuk minum kelapa, dari logat mereka bicara hampir mirip sama bahasa Batak tapi aku belum pernah dengar logat dari mana. Beberapa kkalimat yang aku paham "Sada" satu, "Appara" abang/adek, "Tulang", selain kalimat itu aku gak paham apa yang mereka bicarakan yang pasti mereka bergantian telponan sama saudara nya sambil ngucapkan Selamat Tahun Baru. Aku juga udah nelpon sama bapak ku tapi aku paling takut yang sama nya petir, gak sampai 2 menit udah kumatikan karena petir nya nyambar-nyambar. Gak terasa udah jam 2 pagi hanya dengar mereka yang bicara-bicara. Hujan masih tetap turun.

Aku balik ke arah sebalik nya sebelum aku datang, tapi teringatnya aku berada di pintu masuk yang berbeda. Sampai aku mutarin MONAS nya untuk nyari halte. Akhirnya ketemu halte nya (lupa apa nama halte nya). Yang nambah suntuk di halte itu juga masih antri hahaha pusing dah. Singkatnya jam 3 lewat aku baru di busway dan sampai di halte Terminal Kalideres jam 04.55 itupun masih hujan deras.

Bis Antar Kota dan Pulau di Terminal Kalideres
Udah Kayak Barisan Para Mantan
Hujan Deras di Terminal Kalideres
Masih Hujan Deresss... :(
Kondisi Halte Busway Transjakarta Terminal Kalideres
Atapnya Bocor
Kondisi Halte Busway Transjakarta Terminal Kalideres
Kudu Piye??

Sudah jam 06 pagi pun masih juga hujan dan petir nya menggelegar, aku beneran takut kalau ada petir jadi HP kubuat mode peswat dan aku matikan. Yang paling aku takut, atap di halte busway nya bocor dan air mengucur deras dah kayak air terjun (Coba Lihat Foto Diatas). Pihak Busway dan Terminal apa tidak melakukan pengecekan ya? Kan itu bahaya kalau sampai korslet bisa memakan korban jiwa apalagi pada saat itu semua orang kebasahan dan lagi pada duduk-duduk nunggu hujan reda. Akupun pergi menjauh dan akhirnya aku keluar dari terminal dan lagi nyantai sambil minum di warung kopi tapi aku minum minute maid pulpe.


Nongkrong di Warkop Terminal Kalideres
Diiinggiiinnn....!!!!!!
Aku baru ngeh ternyata KOPAJA gak bakalan masuk terminal kalideres ahahahah. Makanya aku nunggu diseberang terminal, tapi sama aja gak ada yang lewat satu pun KOPAJA. Mau pesesn Go-Car harga nya selangit 3 x lipat. Basah kuyup ditiup angin pulak (btw dibelakang warkop itu ada kali gede jadi tiupan angin nya beehhh... menusuk ke tulang). Sambil tiduran geletakin kepala di meja, rasa nya tuh kayak di kampung sambil mandi hujan sejam lebih hahaha teringat masa lalu jadinya. Kulit tangan dan kaki sampai keriput.Akupun udah gak tahan jam 07.05 aku tanya lah ojek yang lewat mau gak antar aku ke rawa bokor. Banyak yang nolak karna banjir takut kereta nya mogok.

07.20 ada juga kang ojek nya yang mau antar aku, awal sih bicara tarif dulu kata si bapak 35rb aja. Ya udah lah walau 2 x lipat dari harga biasa ketimbang aku pingsan kedinginan di kampung orang. Memang benar di daerah rawa bokor banjir apalagi dibawah jembatan layang yang dalam proses pembangunan, banjir sampai selutut. Tips dari si bapak kalau lewati banjir harus digas terus jangan sampai berhenti. Jadi hampir bersenggolan lah kami sama mobil. Ya puji Tuhan aku sampai juga dikosan ku. Aku bayar tarif si bapak 50rb aja buat jaga-jaga dijalan kereta si bapak mogok. Apalagi aku teringat bapak ku yang selalu berjuang kerja walau hujan. Ah pengen rasa nya pulang kampung terus tinggal dikampung untuk waktu yang lama sambil bantu-bantu orang tua ketimbang merantau tapi aku gak bisa memberi apapun ke orang tua.


Rawa Bokor Banjir Jakarta Banjir
Berenang Juga Enak Inii
Sekian lah cerita hari ini, Liburan Tahun Baru 2020 versi Bang Tonang. Memang susah nulis artikel kalau gak disitu mod terbaik nya :) hehe masih belajar untuk kosa kata terbaik.
SUBSCRIBE Please Subscribe My Youtube Channel: Tonang RGG and Share This Articel With Your Friend, Thanks From TONANGRGG.ID.
Related Posts
Bang Tonang
Horas Maiplen :) Terima Kasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan saran terbaik kalian di kolom komentar ya :)

Related Posts

2 comments